Kamis, 05 Oktober 2017

Quartet Mabadi Fiqih

Assalamu 'alaikum
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد الهادي إلى صراط مستقيم وعلى أله وصحبه أجمعين. أما بعد

Hai, di tag mabadi' fiqhiyyah ini, in syaa Allah saya akan berbagi kenangan tentang pelajaranku saat di MI. Semoga istiqamah.

MI adalah singkatan dari Madrasah Ibtida'iyah. MI merupakan jenjang pendidikan dasar 6 tahun setingkat SD dibawah naungan Kementrian Agama. Disana, siswa diberi pelajaran Agama Islam dengan jumlah & kualitas lebih.

Ketika kelas 4 MI Muallimat Cukir, saya diberi pelajaran muatan lokal yang bernama fiqih kitab. Dinamakan fiqih kitab mungkin karena pelajaran fiqihnya diambil dari kitab berbahasa arab. Sedangkan fiqih yang menggunakan buku berdasar kurikulum pemerintah disebut fiqih kurikulum.

Guru yang mengajari saya bernama Bu Titik. Lalu Bu Badi'. Kemudian ketika beliau sakit, digantikan oleh Bu Lulu'. Lalu Bu Badi' lagi. Terakhir di kelas 6 Pak Miftahur Rahman.

Kitab Mabadi' Fiqih (المبادئ الفقهية : على مذهب الإمام الشافعي رضي الله عنه) ditulis oleh Syekh Umar Abdul Jabar. Buku ini terdiri dari empat juz. Buku ini menyajikan fiqih sesuai taraf kemampuan & perkembangan berfikir anak-anak.

Buku pertama memiliki penjelasan singkat & simpel/sederhana. Buku pertama ini masih mencantumkan bacaan sholat sedangkan buku kedua tidak.

Buku kedua lebih rumit. Misalnya di buku pertama Syekh Umar Abdul Jabar menjelaskan bahwa ma'na "menunaikan zakat" adalah memberi sejumlah harta kepada faqir & miskin (halaman 17). Namun beliau tidak menjelaskan faqir & miskin itu siapa. Sedangkan di buku kedua, beliau menambahkan semua golongan yg berhak menerima zakat. Beliau juga memberi definisi untuk masing-masing golongan (halaman 37-39)

Setiap juz memuat penjelasan lebih rinci atau penjelasan tambahan atau penjelasan tingkat selanjutnya. Misalnya dalam topik Islam:
Juz I menerangkan tentang definisi Islam, lima rukun Islam dan definisi dari setiap rukun Islam;
Juz II menjelaskan tentang jumlah hukum dalam Islam dan definisinya;
Juz III menjelaskan definisi ushul (dasar2) Islam, definisi hukum2 Islam lagi dan memberi definisi kedua dari Islam;
Juz IV tidak lagi menjelaskan tentang definisi Islam tapi langsung ke thaharah/bersuci. Pembahasan thaharah juz IV pun lebih umum daripada juz III. Ciri khas juz IV adalah dalil di akhir paragraf. Hal2 yg dibahas pun, dipilih dari hukum yang dalilnya mudah difahami.

Saya tidak menyangka bahwa buku waktu saya kecil ini sangat memperhatikan perkembangan pemikiran anak. Bagusnya lagi, kitab ini menyajikan urutan materi dari yang paling urgen/mendesak untuk segera difahami.

Ambil saja juz satu. Di sana Islam dikaitkan dengan "sa'adah" kebahagiaan makhuq. Ini disampaikan diawal. Padahal perlu buku yang agak atas bagi saya untuk menyadarinya, misalnya kifayatul atqiya' (dg yai Ishaq), mukasyafatul qulub (dg Yai Ishaq), pelajaran biologi aliyah (dg pak arifin), mau'izhatul mu'minin (ma'had aly), tanwirul qulub (yai Aziz) dan minhajul abidin. Di juz satu juga, bacaan sholat dibahas sehingga anak2 yang saya kira hafal bacaan sholat ternyata belum. Kemudian pembahasan dilanjutkan ke dzikir. Akhirnya, saya juga harus memikirkan bagaimana mereka dapat hafal dzikir & doa setelah sholat walaupun beda dengan yang di kitab. Ya, hidayah itu dari Allah.

Saya juga agak menyesal. Mengapa saya tdk menguasai jilid tiga? Mengapa saya meremehkan kitab2 ini. Akibatnya beberapa ilmu ibadah saya terlewat & baru diingatkan ketika kuliah. Saya merasa waw ketika mendapat ilmu itu di kuliah, padahal itu sudah diajarkan ketika saya kelas enam MI. Bahkan terdapat pelajaran yang essensial (pokok/inti/penting) belum saya ceritakan pada anak2 yang belajar bersama saya. Ah, saya diingatkan lagi bahwa saya meremehkan karena tidak tahu kelebihan/keunggulan.

والله أعلم بالصواب

Semoga dosaku diampuni & semoga kami lengkap mendapatkan yang essensial dari pelajaran agama kami. Semoga Allah memberi hidayah pada kami. Aamiiin...
اهدنا الصراط المستقيم
والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه أجمعين
وبالله التوفيق والهداية
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Previous Post
Next Post

Hai, nama saya Maulanida ^_^ Sudah, gitu aja :D Peace Assalamu alaikum

0 comments: