Senin, 18 Desember 2023

Tidak Sekedar Menyadari Kemiskinan Diri



"Kita bisa menyadari bahwa kita miskin tapi belum tentu kita mengerti bahwa kita miskin", kata Mas Hariri kepadaku. Aku diam dan menyangka bahwa ini akan menjadi pelajaran penting untukku. Aku berusaha diam dan mendengarkan.

Kemudian aku sadar bahwa Mas Hariri benar. Kami sama-sama tidak punya walaupun kadarnya berbeda. Kami juga sama-sama pernah dibully semasa sekolah, walaupun resikonya berbeda. Kami sama-sama pernah merasa bahwa cara orang tua mendidik salah. Kami sama-sama pernah merasa terkukung oleh keadaan walaupun bentuknya berbeda. Di atas semua itu, Mas Hariri yang lebih muda dariku, telah naik pada level pemahaman yang lebih tinggi dan membuat kaidah untuk memudahkan pemahaman terhadap fenomoena sosiologi ini. Aku harus mendengarkan.

BEgini penjelasan untuk kata-katanya yang ambigu itu: "untuk sadar bahwa kita nggak punya uang, itu mudah. Level yang susah adalah mengerti bahwa kita ini orang miskin tapi kita masih bisa begini dan begitu. Akhirnya, kita bisa bersyukur dan menikmati hidup." Mas Hariri yang belum bisa beli mobil, ternyata bisa menyopir mobil. Ia diminta menjadi sopir pribadi Gusnya dan sekarang dia bekerja sebagai sopir di lembaga ini yang jaraknya 35 km dari rumahnya. Saya yang nggak punya laptop selama kuliah, tapi bisa komputer (install windows, mengganti hardware yang rusak, sedikit koding, bikin web, dan semacamnya). Ketika saya sadar bahwa saya miskin tapi tidak mengertidan menghargai capaian-capaian maupun rahmat tuhan yang telah sampai kepada saya, tentu saya tidak bahagia dan tidak inovatif.

Sudah sepantasnya, saya tidak sekedar menyadari tapi juga mengerti bahwa saya adalah orang miskin yang mendapat banyak anugrah dari tuhan, baik berupa pencapaian pribadi maupun pencapaian yang tidak saya usahakan.

اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا ما ينفعنا وارزقنا عملا متقبلا

رب اغفر لي ذنوبي ولوالدي وارحمهما كما ربياني صغيرا

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار 

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه وبارك وسلم والحمد لله رب العالمين. آمين


Previous Post
Next Post

Hai, nama saya Maulanida ^_^ Sudah, gitu aja :D Peace Assalamu alaikum

0 comments: