Senin, 18 Desember 2023

Empat Rukun Tobat



Ketahuilah bahwa siapa pun yang berbicara atau melakukan yang haram, maka ia wajib untuk menyegerakan bertobat. Taubat memiliki tiga rukun: 
  • berhenti melakukan dosa seketika, 
  • menyesali apa yang telah dilakukan, dan 
  • bertekad untuk tidak kembali kepada maksiat  selamanya. 
Jika seseorang melakukan dosa yang berkaitan dengan hak seseorang, maka ada rukun keempat yang harus dilakukan, yaitu 
  • mengembalikan hak itu kepada pemiliknya atau mencari cara agar dibebaskan dari tanggungan tersebut.  
Ketika seseorang bertobat dari satu dosa, sebaiknya ia bertobat dari semua dosa. Namun, jika dia hanya membatasi tobatnya pada satu dosa, maka tidak apa-apa, tobatnya dari satu dosa itu tetap sah.

Jika dia bertobat dengan benar seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kemudian dia kembali melakukan dosa itu di waktu yang lain, maka dia mendapatkan dosa baru karena maksiat yang kedua kalinya dan dia wajib bertobat dari maksiat yang kedua kalinya ini. Kemudian bagaimana status taubatnya dari dosa pertama? Taubatnya dari dosa pertama tidak batal. Ini adalah pendapat Ahlus Sunnah yang berbeda dengan pendapat Mu'tazilah dalam dua masalah ini. 

Sekian. Hanya karena Allah-lah, segala kesuksesan dapat terjadi.

Referensi: Al-Adzkar oleh Imam An-Nawawi, jilid 1/604 - Imam An-Nawawi (wafat 676 H).
١٩٤١- واعلم أن مَن تكلم بحرامٍ، أو فعله؛ وجب عليه المبادرة إلى التوبة، ولها ثلاثة أركانٍ: أن يقلع في الحال عن المعصية، وأن يندمَ على ما فعل، وأن يَعزِمَ ألاّ يعود إليها أبدًا، فإن تعلَّق بالمعصية حق آدمي وجب عليه مع الثلاثةِ رابعٌ، وهو ردُ الظلامةِ إلى صاحبها، أو تحصيل البراءةِ منها، وقد تقدمَ بيانُ هذا. [رقم: ١٧٥٣] .
١٩٤٢- وإذا تابَ مِنْ ذنبٍ، فينبغي أن يتوبَ من جميع الذنوب؛ فلو اقتصرَ على التوبةِ من ذنبٍ صحَّت توبتهُ منهُ؛ وإذا تابَ من ذنبٍ توبةً صحيحةً كما ذكرنا، ثُم عادَ إِلَيْهِ في وقتٍ، أَثِمَ بالثاني، وَوَجَبَ عليهِ التوبة منهُ، ولم تبطلْ توبتهُ من الأوّل؛ هذا مذهبُ أهل السنّة خلافًا للمعتزلةِ في المسألتين؛ وبالله التوفيقُ.

الأذكار للنووي ط ابن حزم ١/‏٦٠٤ — النووي (ت ٦٧٦)
Terjemah (dari Ai dan sudah saya perbaiki)
Previous Post
Next Post

Hai, nama saya Maulanida ^_^ Sudah, gitu aja :D Peace Assalamu alaikum

0 comments: