Sabtu, 10 November 2018

Betapa Kecilnya Kuasa Tuhan Menurut Kita


Di Barat, orang-orang menyembah Yesus. Di Timur, orang-orang menyembah Allah. Di Timur yang lain, orang-orang menyembah Budha. Di tempat yang lain, orang-orang menyembah tuhan yang lain. Jangan-jangan di planet lain, penghuninya menyembah tuhan yang lain dengan kitab suci yang lain. Wah, kita harus mengajarkan kitab suci dan klaim kebenaran kita sampai ke planet lain, dong.

Itu bila kita melihat daerah kekuasaan tuhan hanya sebatas daerah para penyembahnya. Peraturan batas daerah kekuasaan tuhan ini kan hanya pikiran kita saja. Tidak ada bukti untuk itu dan kita juga tidak punya pernyataan resmi dari tuhan.

Bagaimana kalau ternyata daerah kekuasaan tuhan tidak sebatas negara? Bagaimana kalau semuanya adalah teritorial (daerah kekuasan) tuhan? Memang kita tidak bisa membuktikannya, sih. Seperti juga, kita tidak bisa membuktikan bahwa daerah ini bukan daerah kekuasaan tuhan. Alasannya karena indikatornya tidak bisa kita tentukan.

Semuanya hanya memberi klaim. Ada yang bagus dan ada yang tidak. Mungkin karena saya muslim, maka saya dengan subjektif menyampaikan konsep dalam agama Islam yang saya anut. Maaf.

Nabi Muhammad shallaAllahu alaihi wa sallam mengklaim diberi wahyu (pernyataan resmi) dari tuhan dan dipaksa untuk menyampaikan apa yang beliau dengar.

فإن في حديث أبي ذر عن النبي - صلى الله عليه وسلم - ( ما السماوات السبع والأرضون السبع في الكرسي إلا كدراهم ألقيت في فلاة من الأرض وما الكرسي في العرش إلا كحلقة ألقيت في فلاة من الأرض ) . فهذه مخلوقات أعظم بكثير جدا من السماوات والأرض ، وقدرة الله أعظم من ذلك كله .
Di dalam hadits Sahabat Abi Dzar radhiya Allahu anhu dari Nabi Muhammad shalla Allahu alihi wa sallam: "Luas tujuh langit dan bumi tidak ada apa-apanya dibanding luas wilayah al-kursi. Besar tujuh langit dan bumi ini  dibandingkan al-kursi bagaikan besar koin dirham yang dilemparkan ke tanah persawahan. Wilayah kursi ini juga tidak ada apa-apanya dibanding dengan arasy. Luas wilayah kursi ini dibandingkan Arsy hanya bagaikan ring pintu yang dilemparkan ke tanah persawahan."

Tempat-tempat itu adalah ciptaan yang jauh lebih besar dibandingkan langit dan bumi. Bahkan, kemampuan Allah untuk mencipta, jauh lebih besar lagi daripada itu semua.

Sumber bacaan:
Tafsir Imam Al-Qurthubi untuk ayat
(وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ)
[Surat Ali 'Imran 133]
"Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,"
lewat @QuranAndroid

Previous Post
Next Post

Hai, nama saya Maulanida ^_^ Sudah, gitu aja :D Peace Assalamu alaikum

0 comments: