Jumat, 19 Januari 2018

NAMANYA SAMA

A: Terdapat 201 nama Nabi Muhammad -Allah's Favour, mercy and peace may be upon him- di kitab dalail khairat. Salah satunya adalah بَرٌّ . Artinya kebaikan. Ini tertulis di urutan ke-122.

B: lalu?

A: Alhamdu lillah, saya diberi kutipan dari kitab suci agama budha. Disana tertulis sebuah nama yang mirip dengan salah satu nama Nabi Muhammad shalla Allahu 'alaihi wa sallam. Saya bacakan, ya?

A: Iya.

B:
-------------
Lalu di dalam The Gospel of Buddha oleh Carus, hh. 481-484, tertulis bahwa Ananda berkata kepada yang diberkati: “Siapa yang akan menuntun kami setelah kau tiada?”
Dan yang diberkati menjawab: “Bukanlah aku Buddha pertama yang dikirimkan ke atas dunia, dan bukanlah aku yang terakhir. Pada saatnya, seorang Buddha lain akan datang ke atas dunia ini, Buddha yang suci, yang sangat diberkati, diberi kebijaksanaan tindakan, keberhasilan, memahami jagat raya, pemimpin yang tiada tara, pemimpin para malaikat dan umat manusia. Dia akan memberimu kebenaran abadi yang sama seperti telah aku ajarkan kepadamu. Dia akan menyebarkan pesan-pesannya, mulia asalnya, gemerlap puncaknya, dan penuh kemenangan tujuannya. Dia akan mencanangkan kehidupan yang religius, sepenuhnya sempurna dan suci, seperti yang sekarang aku canangkan”
-----------------------
Kata-kata budha ,"Bukanlah aku Buddha pertama yang dikirimkan ke atas dunia, dan bukanlah aku yang terakhir" mengingatkanku pada sebuah ayat di al-Qur'an. Ayat itu seperti ini:
(قُلْ مَا كُنْتُ بِدْعًا مِنَ الرُّسُلِ وَمَا أَدْرِي مَا يُفْعَلُ بِي وَلَا بِكُمْ ۖ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰ إِلَيَّ وَمَا أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ مُبِينٌ)
Katakanlah (Wahai Nabi Muhammad), “Aku bukanlah Rasul yang pertama di antara rasul-rasul dan aku tidak tahu apa yang akan diperbuat terhadapku dan terhadapmu. Aku hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku hanyalah pemberi peringatan yang jelas.”
[Surat Al-Ahqaf 9]
lewat @QuranAndroid

A: Jadi Budha itu seorang nabi?
B: Tidak tahu. Orang Islam hanya wajib tahu 25 nama Nabi dan Rasul diantara ribuan Nabi yang lain.
A: Ok. Lanjut.
B: Ok...
-----------------------
Ananda bertanya lagi: “Bagaimana kami akan mengenalinya?”
Yang diberkati berkata: “Dia akan dikenal sebagai Metteyya, namanya berarti kebaikan”
-------------------------------
Nah, Ini sama artinya dengan nama nabi yang ke-122 di dalail khairat.
بَرٌّ
Barr yang artinya juga kebaikan.

B: allahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaih

A: wa 'ala aalih

B: Masih ada lagi cerita lanjutannya di kutipan itu?

A: Iya, masih.
------------------------
Di dalam Cakkavati-Sihanada Suttanta, The Mahaboddhi Society, Sang Buddha berkata: “Pada masa itu, wahai saudaraku, akan datang ke atas dunia dia yang di agungkan yang bernama Metteyya, Arahat, yang terbangkitkan secara sempurna, dipenuhi kebijaksanaan dan kebaikan, gembira (murah tersenyum), memahami dunia, pemimpin manusia tiada tanding, guru bagi semua dewa dan manusia, yang memahami banyak hal seakan-akan dia berhadapan dengan semesta raya, dunia ini, Brahmana yang ada di atasnya, dan para Mara, tempat-tempat yang tersembunyi dan para Brahmin, tentang para pengeran dan rakyat biasa, sebagaimana aku sendiri yang mengenal mereka sekarang. Kebenaran (norma) indah asalnya, indah perkembangannya, indah kesempurnaannya, dia akan wujudkan, baik dalam jiwa maupun dalam perkataan: kehidupan yang lebih tinggi akan dia kumandangkan, dengan segala kesempurnaannya dan kesuciannya, seperti yang aku lakukan sekarang. Dia akan ditemani ribuan sahabatnya seperti aku sekarang ditemani beberapa ratus orang sahabatku”
Ya. Pada masa lalu ketika Tathagata (sang Buddha) hidup di Rajagriha (Weng-she), di pegunungan Grindhra-kuta (atau Benares), dia berkata demikian kepada para bhikshu:
“Pada masa depan, ketika negara Jambudvipa (daratan India) ini hidup aman dan tenteram, dan umur manusia mencapai 80.000 tahun, akan ada seorang Brahman yang disebut Maitreya (Sse-che).
------------------------------
A: saya tidak tahu apakah kemunculan Nabi di Makkah, terjadi setelah 80.000 tahun atau tidak.

B: Mungkin tidak.

A: Iya. Mungkin tidak.

B: nggak apa2. Saya ingin mengagumi Nabi saja. Boleh lanjutkan ceritanya? Saya tidak ingin mengklaim bahwa Budha Maitreya adalah Nabi Muhammad shalla Allahu 'alaihi wa sallam. Saya ingin mengenang Nabi saja dengan melihat persamaan mereka.

A: Ok. Lanjut.
----------------------------
Tubuhnya akan semurni emas, terang dan benderang suci. Dia akan menjadi Buddha sempurna setelah meninggalkan rumahnya,
-----------------------------
Nabi juga berdakwah meninggalkan kampung halamannya. Dari makkah (13 tahun) kemudian ke madinah (10 tahun). Wahyu yang turun di makkah dikelompokkan sebagai makkiyah. Wahyu yang turun di madinah di kelompokkan sebagai madaniyyah. Biasanya akhlaq dibahas di ayat-ayat makkiyah sedangkan hukum fiqih dibahas di ayat-ayat madaniyah.

B: Lanjut!

A: Ok.
---------------------
dan menyiarkan hukum tiga lapis (di ulang tiga kali) demi kebaikan semua makhluk.
----------------------

B: Eh, tunggu. Bagian ini mengingatkanku hadits tentang Nabi Muhammad shalla Allahu 'alaihi wa sallam mengulang sabda dan membacakan wahyu kepada para sahabat dengan tiga kali pengulangan.

A: Oh, ya?

B: Iya. Nanti keterangannya saya cari. In syaa Allah. Sudah mau sholat isya, nih. Jam 19:35.

A: Ok. Lanjut dikit.
--------------------------------
Mereka yang diselamatkan adalah mereka yang hidup, di tempat akar kebaikan telah tertanam melalui hukum amalku. Semua ini bisa dicerna oleh akal mereka berdasarkan tiga objek ibadah yang sangat berharga. baik mereka yang mengakuinya maupun tidak, baik yang patuh maupun tidak, akan dipimpin oleh kekuatan ajarannya yang mengubah untuk menjangkau buah (Bodhi) dan keselamatan sejati. Ketika mendeklarasikan hukum tiga lapis untuk mengubah mereka yang terpengaruh oleh hukum amalku, ini juga berarti bahwa orang-orang lain pada masa depan juga akan diubah” (Si-Yu-Ki. Vol. 2, hh. 46-47)
-------------------------
B: Hey, itu seperti tiga ilmu wajib dalam Islam.
A: Apa itu?
B: Tauhid, fiqih dan ilmu hati.
A: Ngaco lu!
B: Enggak. Dulu sudah pernah kita bahas kok. Di minhajul abidin. Coba di-muthala'ah.
A: Ok.

Previous Post
Next Post

Hai, nama saya Maulanida ^_^ Sudah, gitu aja :D Peace Assalamu alaikum

0 comments: